About

Posted by : Lenny Bubun Minggu, 03 Mei 2015



Haiii...guys ketemu lagi bersama saya dengan postingan yang cukup menarik,karena kali ini saya akan selfi-selfi alias narsis dikit...hehehehehe
Maka sebagai lanjutan kali ini saya akan membahas mengenai operasi aritmatika dalam pengolahan citra. Operasi aritmatika dalam citra terdiri dari operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan operasi boolean citra. Operasi aritmatika tersebut bisa dilakukan dengan nilai skalar atau dengan dua buah citra berbeda. Hasil dari beberapa operasi di atas akan berbeda-beda, misalnya dengan dilakukan operasi penjumlahan citra maka citra hasil penjumlahan akan lebih cerah dari citra asal. Hal itu dikarenakan citra terdiri dari nilai piksel image(x,y) pada posisi (x,y). Semakin tinggi nilai piksel maka intensitas semakin cerah, begitu juga sebaliknya. Sebagai contoh silahkan tulis kode berikut pada editor matlab:
>>matrik=fix(rand(4,4)*10);
>>hasil=matrik+1;
kemudian kita lihat hasilnya menunjukkan bahwa hasil penjumlahan adalah matrik asal ditambah 1 pada tiap-tiap piksel, sehingga akan terlihat seperti berikut :


Kalau perlakuan seperti perintah di atas dilakukan terhadap citra digital maka yang terjadi adalah citra menjadi semakin cerah karena nilai piksel bertambah. Sekarang kita coba lakukan pada sebuah citra.
Bagi yang masih merasa bingung dengan kode di atas, dibawah ini saya berikan kode lengkap dari ke empat operasi di atas
 
Seperti itulah operasi aritmatika dalam pengolahan citra digital menggunakan Matlab. operasi aritmatika yang berfokus pada perubahan intensitas citra. 

Demikian postingan saya semoga bisa bermanfaat..mohon saran dan koreksinya.
***************************GBUALL*****************************
 




 


- Copyright © Lenny Bubun - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Rizky FM. -